Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Facebook Logo Twitter
Selasa, 16 Juli 2013 | 14:50 WIB
PT KAI Operasikan Kereta Rute Merak-Madiun Mulai 24 Juli
Khusus lebaran, PTKA siapkan 265 rangkaian KA reguler, 22 KA tambahan komersial dan 18 KA ekonomi dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 179.192
Wartawan: Erinaldi | Editor: Redaksi
PT KAI Operasikan Kereta Rute Merak-Madiun Mulai 24 Juli
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - PT Kereta Api akan mengoperasikan KA Krakatau Ekspres rute Merak - Madiun mulai 24 Juli 2013 untuk mengatasi lonjakan penumpang jelang lebaran.

"KA Krakatau akan diluncurkan pada 24 Juli 2013, sehingga diharapkan bisa mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2013," kata Vice President PR PTKA Sugeng Proyono di Bandung, Selasa, 16 Juli 2013.

KA Krakatau akan dioperasikan melalui jalur selatan Madiun - Solo - Yogya - Kroya - Purwokerto - Cirebon - Jakarta - Merak, dengan kekuatan dua rangkaian KA dan waktu 16 jam. KA Krakatau merupakan rangkaian yang baru itu dibeli secara khusus oleh Dirjen Perkeretaapian untuk melayani jalur terpanjang di Jalur Jawa itu.

Fasilitasnya di lengkapi dengan AC dan perlengkapan baru lainnya. "Kapasitas penumpang per hari 1.216 penumpang, atau masing-masing rangkaian daya angkutnya 600 penumpang," kata Sugeng.

Menurut Sugeng, kehadiran KA Krakatau Merak itu merupakan jawaban dan memberikan alternatif bagi para penumpang KA di Jalur Merak - Madiun masing-masing delapan gerbong. Sejauh ini, pihak perusahaan masih membahas tarif KA Krakatau dengan Kementerian Perhubungan. Dipastikan, tarif KA ini disesuaikan dengan tarif keekonomian yang terjangkau oleh masyarakat.

Rute KA Krakatau Ekspres merupakan rute kedua terpanjang di Jawa setelah rute KA Malabar Bandung - Malabar yang berjarak tempuh 17 jam. Khusus untuk angkutan Lebaran 2013, PTKA menyiapkan rangkaian KA Reguler dan tambahan dengan total 265 rangkaian KA reguler, 22 KA tambahan komersial dan 18 KA ekonomi dengan ketersediaan tempat duduk 179.192 tempat duduk.

"Puncak arus mudik diprediksi H1-2 dan arus balik pada H2+2 Lebaran, namun kami sudah antisipasi," kata Sugeng.

Selain itu, PTKA juga tengah menyiapkan KA angkutan sepeda motor pada musim Lebaran 2014 mendatang. Saat ini mekanismenya sedang bahas dengan Kementerian Perhubungan.

"KA angkutan sepeda motor masih dibicarakan tarifnya, masing-masing dua dari barat dan dua dari timur. Setiap rangkaian mengangkut 500 sepeda motor," kata juru bicara PTKA Daop II Bandung itu. (ed)

Sumber: ANT