Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Classy FM Logo Facebook Logo Twitter
Kamis, 15 Agustus 2013 | 22:42 WIB
Pengamat: Citra Partai Demokrat Bergantung Hasil Konvensi
Konvensi Capres yang memberikan peluang bagi tokoh eksternal itu juga menunjukkan bahwa Demokrat sebagai parpol yang bergantung sosok sebagaimana SBY, bukan sebagai parpol ideologis.
Wartawan: Andika D Khagen | Editor: Redaksi
Pengamat: Citra Partai Demokrat Bergantung Hasil Konvensi
Partai Demokrat (net)

KLIKPOSITIF – Analis politik Universitas Diponegoro Semarang Susilo Utomo menilai citra Partai Demokrat bisa naik bergantung hasil konvensi calon presiden yang digelar partai politik tersebut.

"Ini bergantung pada hasil konvensi. Siapa figur yang terpilih nantinya. Yang terpenting, apakah figur yang terpilih bisa diterima publik," kata pengajar FISIP Undip tersebut di Semarang, Kamis.

Menurut dia, konvensi Capres sebagaimana umumnya hanya menjaring kader-kader internal untuk maju dengan dipilih oleh kalangan kader sendiri, tetapi konvensi Capres Demokrat tampaknya memang berbeda.

Konvensi Capres Demokrat, kata dia, terutama ditujukan untuk mencari siapa yang layak menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden yang akan diusung parpol tersebut pada Pemilu 2014.

Namun, ia mengungkapkan konvensi itu dilakukan pula untuk menjajaki tokoh-tokoh eksternal atau di luar Demokrat yang memiliki kapabilitas, reputasi, dan "track record" yang baik dan diterima publik.

"Harapannya, pengusungan figur capres yang diterima publik ini bisa membantu parpol mengumpulkan suara pada Pemilu 2014. Kalau melihat kondisi Demokrat sekarang ini jelas akan bisa menolong," katanya.

Ia menjelaskan konvensi Capres yang memberikan peluang bagi tokoh eksternal itu juga menunjukkan bahwa Demokrat sebagai parpol yang bergantung sosok sebagaimana SBY, bukan sebagai parpol ideologis.

Karena itu, kata dia, sepertinya Demokrat akan memilih figur Capres yang relatif "aman" untuk diusung, dalam artian diterima oleh masyarakat dilihat dari "track record", kapabilitas, dan reputasinya.

Selain dari aspek penerimaan publik, seperti bagaimana pencitraannya di media, kata dia, figur Capres yang akan diusung oleh Demokrat dalam Pemilu 2014 nantinya tetap akan mempertimbangkan restu dari SBY.

Susilo menjelaskan transparansi dalam penyelenggaraan konvensi Capres juga akan membantu menaikkan citra Demokrat di mata publik, setidaknya transparansi dalam soal pembiayaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Komite Konvensi calon presiden Partai Demokrat sudah mulai bekerja mendata nama-nama tokoh yang dinilai potensial untuk diseleksi menjadi peserta konvensi, pada Kamis ini.

Sekretaris Komite Konvensi Capres Partai Demokrat, Suaidi Marasabesy mengatakan sudah melakukan rapat internal untuk mendiskusikan nama-nama tokoh yang akan diseleksi serta persyaratannya.

Komite Konvensi, kata dia, sepakat akan meminta 11 nama yang disebut-sebut Majelis Tinggi Partai Demokrat sungguh-sungguh ingin ikut konvensi, namun nama-nama itu belum diumumkan secara resmi.

Sebab, komite konvensi juga akan mencari beberapa nama lain yang dinilai layak untuk diseleksi menjadi peserta konvensi di luar 11 nama tersebut. (Ant)