Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Classy FM Logo Facebook Logo Twitter
Kamis, 22 Agustus 2013 | 00:12 WIB
Peneliti LIPI Ungkap Proses Pembentukan Pulau Sumatera
Sumatera selama ini diyakini dibentuk oleh komponen blok benua dan merupakan bagian dari Benua Eurasia.
Wartawan: Rafi'i Hidayatullah Nazari | Editor: Redaksi
Peneliti LIPI Ungkap Proses Pembentukan Pulau Sumatera
Pulau Sumatera (Google Map)

KLIKPOSITIF - Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Iskandar Zulkarnain mengatakan metode geokimia batuan bisa mengungkap pembentukan Pulau Sumatera.

"Sumatera selama ini diyakini dibentuk oleh komponen blok benua dan merupakan bagian dari Benua Eurasia. Dari hasil penelitian, diketahui pulau itu bukan segmen yang homogen dari tepian benua tersebut," ujar Iskandar Zulkarnain di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, hasil penelitiannya menunjukkan sepanjang pantai barat pulau tersebut, mulai dari Lampung bagian selatan hingga Sumatera Utara, dibentuk oleh komponen busur kepulauan.

"Sedangkan komponen benua terbukti berada di wilayah zona patahan Sumatera ke arah timur," kata dia.

Data geokimia batuan tersebut juga menunjukkan bahwa komponen busur kepulauan, daerah Sumatera Tengah hingga Utara, terbukti pernah berkembang menjadi lingkungan cekungan.

"Bukti itu mengindikasikan bahwa zona Patahan Sumatera merupakan sebuah zona subduksi purba, yang berumur lebih tua dari Miosen," jelas dia.

Miosen adalah suatu kala pada skala waktu geologi yang berlangsung antara 2.303 hingga 5.332 juta tahun yang lalu.

Hal itu juga berarti Patahan Sumatera merupakan "crustal border" yang menyebabkan mudah bergerak ketika didorong oleh gaya kompresi