Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Facebook Logo Twitter
Selasa, 17 September 2013 | 15:19 WIB
Dalam 5 Jam, Gunung Marapi Meletus 4 Kali
Menurut data pengamatan pos Gunung Marapi, letusan ini terbilang kecil sehingga tidak berdampak buruk bagi masyarakat sekitar yang berada di kawasan kaki gunung setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut.
Wartawan: Roni Saputra, Iwan R | Editor: Erinaldi
Dalam 5 Jam, Gunung Marapi Meletus 4 Kali
Gunung Marapi (KLIKPOSITIF/AK)

KLIKPOSITIF - Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus sebanyak empat kali dalam rentang waktu kurang dari lima jam, Selasa, 17 September 2013.

Menurut data pengamatan pos Gunung Marapi, letusan ini terbilang kecil sehingga tidak berdampak buruk bagi masyarakat sekitar yang berada di kawasan kaki gunung setinggi.

Letusan pertama terjadi sekitar pukul 08.35 WIB, dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 400 meter. Tak beberapa lama kemudian, letusan Gunung Marapi kembali terjadi sekitar pukul 09.38 WIB, dengan ketinggian asap sekitar 200 meter.

Satu jam kemudian, Gunung Marapi kembali meletus sekitar pukul 10.37 WIB. Namun ketinggian asap berkurang dan diperkirakan mencapai 100 meter. Sekitar pukul 12.32 WIB, lagi-lagi Gunung Marapi meletus, dengan ketinggian asap sekitar 300 meter.

“Asap tebal berwarna abu-abu dari semua letusan itu mengarah ke bagian timur atau ke arah Batusangkar. Namun abu vulkanik itu diperkirakan hanya jatuh di sekitar kawah dan tidak sampai ke pemukiman masyarakat,” jelas Warseno selaku Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Marapi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Kota Bukittinggi.

Warseno mengatakan, saat ini aktivitas letusan Gunung Marapi meningkat dibanding bulan sebelumnya. Namun demikian status Gunung Marapi masih berstatus waspada atau berada di level dua.

“Lebih baik letusan sering tapi kecil-kecil, dibanding jarang meletus tapi besar. Letusan Marapi yang kecil itu merupakan karakter Gunung Marapi, sehingga belum saatnya gunung ini naik status,” terang Warseno.

Sebelumnya, Gunung Marapi juga meletus pada Senin (16/09/2013) sekitar pukul 06.54 WIB. Dari data PVMBG di Kota Bukitinggi, telah terjadi sembilan kali letusan selama September 2013 per-17 September 2013 pukul 13.00 WIB.

Jika dilihat dari aktivitas Gunung Marapi selama Agustus 2013, terjadi 92 kali aktivitas yang terdiri dari 49 kali gempa tektonik jauh, 15 kali gempa tektonik lokal, enam kali gempa vulkanik dalam (VA), tujuh kali gempa vulkanik dangkal (VB), empat kali letusan, serta 11 kali tornello (gempa di permukaan dasar kawah). (ed)

  • Tidak ada berita terkait