Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Classy FM Logo Facebook Logo Twitter
Rabu, 04 Desember 2013 | 08:52 WIB
PKS Siap Koalisi dalam Pilpres 2014
Saya yakin tidak ada partai yang mampu menembus angka presidential treshold sebesar 20 persen
Wartawan: Rafi Hidayatullah Nazari | Editor: Redaksi
PKS Siap Koalisi dalam Pilpres 2014
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka peluang koalisi dengan partai lain dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 mendatang, meskipun partai itu telah melakukan pemilihan raya untuk menjaring bakal calon presiden internal partai.

"Berbicara 2014 untuk pilpres akan ada koalisi parpol dan PKS tentu sadar serta siap koalisi dengan parpol lain selagi memiliki visi dan misi sama," kata Ketua DPP PKS Indra, Rabu, 4 Desember 2013.

Ia melanjutkan, kemungkinan itu tergantung hasil pemilu anggota legislatif 2014. "Apakah suara PKS memadai untuk mengusung sendiri capres atau tidak," ujarnya.

Indra menambahkan, dengan kondisi saat ini yang presidential treshold sebesar 20 persen, koalisi partai sebuah keniscayaan.

"Saya yakin tidak ada partai yang mampu menembus angka presidential treshold sebesar 20 persen," ujarnya.

PKS mengklaim beberapa kader partainya memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi dan sudah teruji, seperti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, dan Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno.

"Akan tetapi, nanti ada banyak faktor pertimbangan, seperti survei dan analisis, itu yang akan difinalisasi siapa yang diusung. Segala kemungkinan bisa terjadi, namanya juga politik," katanya.

Menjelang Pemilu 2014, beberapa lembaga survei mengeluarkan hasil survei. Diantaranya, The Indonesian Institute (TII) dan INDIKATOR, yang merilis hasil survei pada 10-20 Oktober 2013. Hasil survei tersebut menunjukakn, PKS diperkirakan memperoleh suara 3,1 persen.

Sementara itu, survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada bulan Maret 2013 menyebutkan PKS memperoleh 3,7 persen suara.