Positifers Daftar » Masuk
Logo KlikPositif
WIB
Logo Classy FM Logo Facebook Logo Twitter
Kamis, 13 Juni 2013 | 15:16 WIB
KPU Pariaman Coret Caleg Perempuan Hanura
Syarat yang tidak dipenuhi Bacaleg tersebut, yang bersangkutan tidak melampirkan Surat Keterangan Kesehatan
Wartawan: Roni Saputra | Editor: Andika D Khagen
KPU Pariaman Coret Caleg Perempuan Hanura
ilustrasi (hanura.com)

KLIKPOSITIF – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman membatalkan keikutsertaan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Pariaman. Hal ini di sebabkan karena seorang bakal caleg perempuan di Dapil itu, tidak memenuhi syarat.

Komisioner KPU Kota Pariaman Budi Satria mengatakan, syarat yang tidak dipenuhi Bacaleg tersebut, yang bersangkutan tidak melampirkan Surat Keterangan Kesehatan. “Bacaleg yang tidak memenuhi persyaratan itu bernama Desrina Marni, daerah pemilihan 1 nomor urut 5,” ujarnya.

Menurut Budi Satria, Bacaleg dari Partai Hanura di Dapil tersebut sebanyak lima orang, tiga orang di antaranya Bacaleg laki-laki dan dua perempuan. Akibat tidak terpenuhinya kuota perempuan 30 persen di Dapil itu, maka Hanura gugur di Dapil tersebut.

Selain Kota Pariaman, beberapa KPU kabupaten dan kota di Sumbar juga tidak mengeluarkan nama Bacaleg di Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah diumumkan hari ini. Tidak hanya satu atau dua nama, tetapi seluruh Bacaleg di beberapa Dapil yang didaftarkan partai politik, dinyatakan gagal menjadi Caleg karena kurangnya persyaratan yang diminta KPU.